Infrastruktur Transportasi yang Mendukung Pertumbuhan

Indeks Daya Saing IMD memperhitungkan hal ini secara penuh ketika menempatkan Belanda di depan para pesaingnya untuk pengiriman barang dan logistik. Bank Dunia juga menempatkan Belanda di peringkat kedua dalam kinerja Logistik Global dari 150 negara.

Lokasi Holland sebagai pintu Perusahaan Freight Forwarding gerbang alami ke Eropa memberikan akses mudah kepada perusahaan angkutan ke pasar di Inggris dan Jerman. Sementara itu, geografinya yang datar dan koneksi sungai yang sangat baik berarti terdapat sistem jalan, kereta api, dan saluran air yang sangat efisien.

Rotterdam dilengkapi sepenuhnya Jasa ekspedisi Balikpapan, Makassar, Pontianak untuk menangani volume impor dan ekspor yang tinggi yang melewati pelabuhan setiap hari. Ada program pengembangan berkelanjutan yang menjadikannya sebagai yang terdepan dalam layanan pengiriman, termasuk pembangunan Maaslakte 2. 30.000 kapal dari seluruh dunia tiba di Rotterdam setiap tahun dan pelabuhan bergantung pada teknologi canggih untuk mempertahankan kestabilan jaringan distribusi untuk pengiriman barang. Ada 500 jadwal pelayaran setiap minggu, menghubungkan Rotterdam dengan lebih dari 1000 pelabuhan di seluruh dunia.

Dengan tiga pelabuhan laut dalam yang berdekatan satu sama lain, tidak mengherankan jika pelabuhan Belanda mendominasi angkutan internasional melalui laut di Eropa. Di antara mereka, mereka bergerak hampir 500 juta metrik ton setiap tahun.

Pelabuhan Zeeland (Flushing/ Terneuzen) menangani sekitar 33 juta metrik ton kargo setiap tahun dan situs seluas 4.400 hektarnya menampung 250 perusahaan. Zeeland memiliki posisi strategis yang sangat baik di muara sungai Scheldt, antara Rotterdam dan Antwerpen dengan koneksi terbuka ke Laut Utara, membuatnya sangat populer di kalangan perusahaan angkutan dan perusahaan pelayaran.

Sementara itu, Amsterdam adalah pelabuhan terbesar di Eropa dan menangani sekitar 18 juta metrik ton layanan pengiriman setiap tahun. Bisnis Ro-ro telah berkembang pesat di Amsterdam.

Pelabuhan terpenting lainnya untuk angkutan internasional yang menarik bagi perusahaan pelayaran dan perusahaan angkutan adalah Groningen. Ini termasuk pelabuhan laut dalam Eemshaven dan Delfzijl. Eemshaven memiliki fasilitas dermaga curah kering, ro-ro dan peti kemas khusus, yang merupakan fasilitas hebat bagi perusahaan angkutan. Sementara itu, dermaga komersial di Delfzijl baru saja direnovasi.

Selain fasilitas yang lengkap, ada keamanan yang luar biasa, jadwal yang sering, dan pemrosesan yang cepat di Rotterdam dan semua pelabuhan lain di Belanda yang penting bagi sektor layanan pengangkutan.

Industri angkutan barang di Belanda didukung oleh sejumlah sektor jasa pengiriman terkait, termasuk kapal tunda, pilot, kapal derek, stevedores, perusahaan tongkang dan banyak perusahaan angkutan dan perusahaan pelayaran dengan berbagai spesialisasi.

Secara keseluruhan, ada lebih dari 12.000 bisnis logistik Belanda di industri pengiriman internasional – ini menjadikannya sektor transportasi barang terbesar di Eropa! Perusahaan angkutan barang Belanda menyumbang 40% dari semua barang yang dibawa melalui air dan 25% dari barang yang dibawa melalui darat. Karena kekuatan sektor perusahaan pengangkutan dan kekuatan pasar, lebih dari separuh perusahaan Amerika dengan pusat logistik Eropa memilih untuk menempatkan mereka di Belanda.

Ada juga perbaikan infrastruktur jalan dan kereta api, sehingga lebih banyak pengiriman barang dapat menggunakan angkutan barang antarmoda sehingga Belanda merencanakan ke depan untuk angkutan barang yang dibutuhkan di masa depan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *